Jumat, 14 Oktober 2011

MOTIVASI DAN KEBUTUHAN


Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan sendiri muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan (felt need)s eringkali dibedakan berdasaran kepada manfaat yang diharapkan dari pembelian dan penggunaan produk. Perilaku (tindakan) adalah beroriaentasi  tujuan (goal orientedbehavior) Artinya untuk memenuhi kebutuhannya , dan memiliki tujuan akan tindakannya. Tujuan adalh suatu cara untuk memenuhi kebutuhan.
Produk atau jasa yang dipasarkan bisa diarahkan untuk target pasar berdasarkan tingkat kebutuhan konsumen. Hierarki kebutuhan juga bisa dimanfaatkan  untuk melakuan positioning produk atau jasa. Positioning adalah citra produk atau jasa yang ingin dilihat oleh konsumen, yang berbeda dari produk pesaingnya.
            Kebutuhan dan motivasi konsumen diukur diukur dengan instrumen kuisioner, dimana sejumlah pertanyaan diajukan kepada konsumen dan konsumen melaporkan motivasi dan kebutuhan sebagaimana yang ditanyakan kepadanya. Metode ini dikenal sebagai pelaporan diri atau self report.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar